top of page

RECENT POSTS: 

FOLLOW ME:

  • Facebook Social Icon
  • Askfm
  • Instagram Social Icon

Ristra Cosmetodermatology Makeup Review


RISTRA Cosmetodermatology bukan brand baru di dunia skincare dan makeup Indonesia. Meskipun banyak banget brand baru, tapi RISTRA tetep bertahan dan dicintai dari tahun 1983!

Satu hal yang langsung terlintas di pikiranku tiap denger brand ini adalah: Reliability. Bisa diandalkan. Baik produk skincare dan makeup-nya, tidak asal buat, tapi dengan basis sains tanpa mengabaikan aspek praktis. Kalau produk skincare-nya, aku udah sering denger review bagus dan beberapa produknya pun termasuk produk kesukaanku. Tapi, kalo produk makeup-nya, baru kali ini coba.

Waktu baca soal makeup RISTRA Cosmetodermatology, aku nemu soal Makeup yang cocok untuk iklim Tropis. Terus aku jadi sadar selama ini dalam memilih produk makeup, aku suka lupa mempertimbangkan iklim, cuma terpaku sama jenis kulit aja. Padahal, iklim juga berpengaruh terhadap performa dan finish yang dihasilkan suatu produk makeup. Selain itu, kebutuhan kulit tropis juga beda sama kulit orang-orang dari area 4 musim.

Di negara-negara 4 musim, intensitas sinar matahari lebih rendah, udaranya dingin dan kering, debu dan polusi juga lebih rendah. Sementara di kulit tropis, intensitas sinar mataharinya tinggi, udara lebih panas dan lembap, dan debu dan polusinya tinggi. Otomatis kita yang tinggal di negara beriklim tropis harus muter otak ketika memilih produk makeup yang asalnya dari negara 4 musim, karena belum tentu cocok performance-nya sama kebutuhkan kulit tropis.

Makanya aku sangat excited nyoba rangkaian makeup RISTRA Cosmetodermatology, karena diformulasikan untuk kulit tropis. Jadi ekspektasiku adalah produknya tahan sinar matahari tinggi, dan udara panas dan lembab. Do they meet my expectations? Aku review satu per satu, ya.

Liquid Foundation

Foundation cair dari Ristra ini teksturnya watery dan finish-nya matte. Diratainnya gampang banget dan warnanya nge-blend di kulit. Aku nyoba yang shade Light Beige. Awalnya aku pikir yang shade ini kemudaan untuk kulitku, ternyata setelah dibaurkan merata, warnanya nyatu sama warna kulit asliku. Coverage-nya medium tapi buildable.

Karena finish-nya matte, untuk kulit yang cenderung kering sebaiknya pake moisturizer yang lebih emollient. Di kulitku yang kombinasi, foundation ini hasilnya oke banget, keliatan matte tapi ga kaku dan setelah beberapa jam nyampur sama minyak wajah jadi bagus itu semi dewy.

Finishing Powder

Kalau produk yang ini favoritku banget dari seri makeup Ristra. Sesuai namanya, dia digunakan di step finishing, yaitu di akhir. Bedak tabur ini di kulitku oil control-nya bagus banget. Produk bedak tabur lokal yang aku jatuh cinta banget sejauh ini baru produk ini aja. Lembuuut, ga cakey, oil control-nya bagus, dan harganya pun nggak terlalu mahal. TOP!

By the way, bedak tabur ini aku pake yang shade 01 Ivory <3

Compact Powder

Kalo lagi buru-buru tapi pengen muka kelihatan rapi, bisa pake compact powder-nya. Ada beberapa pilihan warna, punyaku warna natural honey beige. Sejujurnya agak ketuaan, tapi jadinya aku pakai sebagai bedak semi bronzer, untuk hair line dan dagu supaya warna makeup base-nya rapi. Produk ini finish-nya matte dan coverage-nya bagus. Meskipun finish-nya matte tapi nggak bikin wajah kelihatan kering banget, jadi masih oke juga untuk kulit kering.

Lipstick (3 shades)

Lipstick-nya ini out of my comfort zone karena finish-nya ga matte. Tadinya aku pikir aku akan ga suka karena biasanya kalo lipstick yang lembap tuh coverage-nya ga bagus, pigmentasinya juga kurang. Tapi ternyata lipstick Ristra ini warnanya keluar banget meskipun dia lembap. Finish-nya semi-matte sih, jadi bukan yang basah lengket gitu tapi nyaman. Warna-warnanya juga bagus-bagus semua, emang disesuaikan sama undertone kebanyakan orang Indonesia yang cenderung ke yellow.

Kiri - kanan: 01 (Peach Parfait) - 02 (Ice Cocoa) - 03 (Tea Rose)

Overall, I really enjoy this makeup line from Ristra Cosmetodermatology. Aku suka coba produk lokal yang commited terhadap kualitas produknya jadi meskipun harganya relatif terjangkau, kualitasnya juara.

Selamat mencoba! Semoga kalian suka juga, ya!

bottom of page